News Update :

Web Desain dan Cara Mengelolanya

Kamis, 08 Desember 2011

Bagi yang mengelola blog pribadi, salah satu hal yang susah-susah gampang adalah memilih templat atau desain buat tampilan blog. Tampilan blog memang bukan segala-galanya bagi kesuksesan sebuah blog, tetapi ada baiknya kita memperhatikan pertimbangan teknis seputar itu. Selain itu, ternyata kita juga harus memperhatikan sejumlah rambu-rambu terkait dengan standar Web Desain saat memposting tulisan di blog.

Kali ini saya mengundang Thomas Arie Setiawan, salah seorang web desainer yang populer di kalangan blogger, sebagai guest blogger. Dia saya minta menuliskan tips-tips terkait dengan standar web. Kemudian ia menyerahkan serial tulisannya berdasarkan wawancaranya dengan Boy Avianto, seorang blogger yang memiliki pendidikan akademis dalam bidang ini. Semoga bermanfaat.

T: Saya ingin mengajukan beberapa pertanyaan yang mungkin banyak diajukan, atau paling tidak muncul dalam perkembangan web desain di Indonesia…

A: Silakan…

Terima kasih. Untuk yang pertama, sebenarnya apa yang dimaksud dengan “Webstandard” itu?

Secara sederhana, web standard adalah standar yang diciptakan oleh W3C (WWW Consortium) untuk membuat situs web; jadi semacam panduan.

Ini merupakan panduan secara teknis?

Sangat teknis. Oleh karena itu, sebuah badan lain Web Standard Organization mencoba untuk membuatnya menjadi gampang di implementasikan.

Apakah Anda ingin menunjukkan bahwa mendesain sebuah situs web yang sesuai dengan standar merupakan hal yang mudah?

Sangat mudah. Sama seperti membuat sebuah esai dan memiliki panduan. Analogi sederhananya: apakah Anda merasa lebih mudah menulis esai dengan panduan atau tanpa panduan? Analogikan saja misalnya desain web standard adalah seperti panduan menulis esai.

Tetapi, toh tanpa mengikuti panduan tersebut, situs web tetap bisa dinikmati oleh para audience. Jadi kenapa harus dipersulit dengan sebuah standar seperti itu?

Dipersulit? Kata siapa? Justru dengan mengacu pada panduan itu ada beberapa hal yang lebih mudah. Misalnya, kita yakin bahwa situs web kita bisa dibuka dengan segala macam devices. Ingat situs web sekarang tidak hanya bisa dibuka dengan browser di komputer. Selain itu, kita yakin bahwa setiap kali ada browser upgrade situs kita tidak perlu ‘ganti kode’. Ini dikenal dengan forward compability.

Berarti, hal-hal teknis seperti itu menjadi tanggung jawab siapa? Desainer, audience, atau mungkin ada lembaga yang memang berkompeten dengan hal semacam ini?

Ingat, tahun 1997, di mana kita harus melihat bahwa sebuah kode HTML hanya bisa berjalan di salah satu browser tertentu? Itu 1997. Desainer harus tanggap terhadap perkembangan ini. Audience akan ***ntungkan karena mereka bisa mengakses informasi tersebut dengan cara apa saja, mereka boleh protes seandainya tidak bisa. Mengenai lembaga, sejauh ini belum dibutuhkan, tetapi tergantung budaya. Bisa jadi di sebuah negara keberadaan sebuah lembaga formal justru dibutuhkan.

Kurang lebih, intinya adalah user oriented design atau ‘desain yang berorientasi kepada pengguna’. Apa sih tujuan membuat sebuah situs? Apakah untuk pemilik situs? Kalau iya, Anda tidak perlu peduli dengan pengguna. Silakan gunakan cara apa saja. Ini yang sering dilupakan pemilik situs: strategi. Strategi bagaimana menyampaikan informasi (atau apa saja) yang pemilik situs inginkan kepada pengguna.

wenggautama.multiply.com

Cara Efektif Memulai Web Desain

Ada satu pertanyaan mendasar yang sering muncul dibenak para blogger pemula ketika sedang asiknya blog walking menjelajah blogosphere. Melihat blog atau web desain milik teman atau orang lain yang tampak keren dan tidak standar memang bisa bikin hati iri :)

Jadi sebenarnya ada gak sih cara yang cepat, mudah dan efektif untuk belajar mendesain web atau blog sendiri? jawabannya TIDAK ADA. Semua butuh proses. Tapi ada tips jitu dari para desainer web tentang cara belajar web desain yang efektif, mereka sudah mempraktekkannya dan berhasil.

Apa saja hal dasar yang perlu dipelajari?

Ada 4 bahasa pemrograman standar dalam web desain: HTML, CSS, JavaScript dan PHP. Langkah pertama adalah Kamu perlu bisa membedakan cara penulisan dan tag dasar dari keempat bahasa tersebut, agar Kamu tidak rancu saat mengedit skrip coding dari theme blog yang Kamu gunakan.

Untuk PHP cukup pelajari cara penulisan tag sesuai dengan CMS blog yang Kamu pakai. Misalnya WordPress, sudah memiliki tag standar (Tutorial tag WordPress Bag 1, Tutorial tag WordPress Bag 2) dalam bahasa PHP yang langsung bisa Kamu gunakan tanpa perlu susah payah membuat perintahnya sendiri.

Nah, sekarang pertanyaanya pelajari yang mana dulu?

jawabannya adalah..

HTML ? CSS ? PHP ? JavaScript

HTML ada ***rutan pertama karena merupakan bahasa pemrograman utama yang WAJIB dipelajari dalam membangun sebuah halaman website. Setelah halaman dasar dibangun, CSS digunakan untuk memberikan “makeup” pada halaman. Sebagai langkah awal gunakan saja tag PHP standar bawaan dari theme blog yang sudah ada. JavaScript bisa Anda pelajari untuk membuat halaman blog lebih interaktif, tapi tidak mutlak.

Bagaimana dengan proses belajarnya?

Modifikasi ? Merancang ? Membuat

Tidak ada salahnya untuk terlebih dahulu mempelajari coding dari theme buatan orang lain. Jika tahap modifikasi sudah tidak lagi sulit, sudah saatnya merancang desain theme buatan sendiri. Dalam tahap ini, corat-coret layout blog diatas kertas sangat membantu designer untuk membuat desain yang memiliki konsep dengan gambaran yang jelas dari pada sekedar langsung menggambar imajinasi yang ada dikepala ke layar monitor.

Selain pemrograman, Kam juga perlu belajar untuk membuat desain grafisnya. Tahap awal bisa juga untuk mengambil elemen-elemen grafis dari Internet, yang gratis pastinya :) Banyak kok website yang menyediakan desain header, tombol, dan pernak-pernik gambar untuk blog Kamu. Gunakan software grafis yang banyak penggunanya, Misal Adobe Photoshop, karena semakin banyak penggunanya, semakin banyak juga tutorial gratis yang bisa Kamu temukan di Internet.

Selamat belajar!

dhinata.com
* games.co.id

Games

Mungkin lebih dari seribu mini game flash terdapat di website ini. Dengan design yang sangat sederhana website ini sangat accesible dan juga seo friendly. Sependek yang saya tau ini adalah website berisi game terbesar di indonesia atau bisa dikatakan miniclip.com -nya indonesia. Dari hasil whois situs ini adalah milik cv. Ip. Tech. Sangat cocok diakses untuk anak-anak dan orang dewasa disaat gak punya kerjaan. :p (nb: pastikan komputer anda sudah terinstal shockwave player sebelum bermain game disana.)

* yogyafree.net

Walaupun situs ini (*yg sekarang) berdiri tahun 2006, sebenernya kamunitas hacker “topi biru” ini exist sejak tahun 2004. Bermarkas di daerah sungai code yogyakarta, komunitas ini berkembang pesat dari tahun ke tahun. Dengan beranggotakan lebih dari sepuluh ribu pecinta dunia keamanan komputer, internet serta programming membuktikan bahwa yogyafree ini adalah komunitas termaju di indonesia. Apalagi dengan rutinitas event yang mereka selenggarakan.

* bhinneka.com

Sebenernya aku sendiri ragu mau menyebut toko komputer online ini sebagai salah satu yang website terbaik di indonesia. Kerena aku lihat harga harga barang di desain web tersebut sangat jauh di atas harga normal toko komputer pada umumnya. Akan tetapi melihat dari sisi site tersebut yang di atur rapi dan sangat profesional maka aku sebut sebagai salah satu website terbaik di indonesia. Dan mungkin juga harga disana memang berbanding lurus dengan kualitas barang yang dijual.

* linux.or.id

Salah satu website berkonten seputar linux os pertama di indonesia ini sudah sepantasnya aku masukkan dalam daftar desain web terbaik di indonesia versi blog eko prasetyo. Linux merupakan operating system bertipe unix. Ribuan artikel tentang linux os telah ditulis oleh membernya yang tersebar diseluruh sabang sampai merauke. Hingga kinipun seluruh keluarga besar linux.or.id masih aktif memberikan konten konten berkualitas baik berupa tutorial, tips trik dan juga berita seiring berkembangnya pengguna linux di indonesia.

* indowebster.com

Ini adalah hasil hubungan selingkuh dari kang rapidshare dan mbak youtube sehingga melahirkan web service terlengkap di indonesia, mulai dari video streaming, audio streaming, image hosting serta file hosting yang batas maksimum file upload 1gb. Sesuatu yang luar biasa apalagi server indowebster.com berlokasi di iix. Dilengkapi dengan fasilitas searching menambah sempurnanya website ini.

Http://www.ekoprasetyo.com

Cara Desain Website

Apakah para pengembang web memahami berapa lama orang akan mengunjungi websitenya?
Apakah kita adalah internet newbie atau pemasar berpengalaman, kita perlu memahami hal terbaik tentang desain website, website desain menjadi bagian yang menyangkut sukses kenyamanan.
Berikut tips untuk kesuksesan sebuah web:
1. Navigasi
kita pernah bahas bagian ini pada artikel merancang website desain, ketika orang datang ke website kita mereka pada umumnya mencari sesuatu yang khusus.misal resep untuk diet rendah, sehat dan mencarinya serta menyiapkannya kurang dari beberapa menit atau apa yang merupakan bisnis terbaik untuk dimulai secara online. Apapun yang pengunjung inginkan, kita harus mempunyai jawaban untuk itu. Maka tanyakan pada diri kita,kenapa orang-orang datang ke website kita? Ketika kita mengetahuinya kemudian kita harus membuatnya gampang untuk mereka temukan apa yang mereka cari.

2. Grafis
jika kita menjalankan suatu site profesional, dan tidak menggunakan grafis/gambar2 yang menyenangkan, maka jangan harap orang akan mau berlama-lama di website kita. Orang datang keweb, kita untuk mencari informasi. Tidak untuk klik suatu iklan atau mengasah otak saja.membuat desain website menjadi lingkungan menyenangkan bagi pengunjung untuk menikmatinya. Memikirkan seperti kita pergi ke mall. Kita ingin masuk suatugudang/ toko yang bersih, yang dipersiapkan, mempunyai layanan baik pada pelanggan dan produk yang sedang dicari. Website kita perlu mencerminkan hal ini. Jika ada apa yang kita harapkan didalamnya seperti pengalaman berbelanja, pengunjung akan menikmati apa yang sedang mereka cari diwebsite kita.

3. Warna
ya, bagian ini juga sudah kita bahas di artikel sebelumnya.warna buat website adalah pilihan perorangan, tetapi studi menunjukkan warna itu mempunyai suatu pengaruh pada emosi publik. Jika kita mempunyai suatu lokasi investasi keuangan, pilih warna konservatif buat website. Atau jika kita menjual materi pantai, maka pilihlah warna yang lembut.
Share this Article on :

Tidak ada komentar:

 
problemanswers2011 | Design by Ryanz Zegger | Powered by Blogger.com.